Add caption : mengisi botol dengan air |
Add caption : Memancing |
Add caption : Membuat es lilin |
Pembelajaran dengan
model area ini, anak diberi kesempatan untuk memilih atau melakukan kegiatan
sendiri sesuai minat mereka. Pembelajarannya dirancang untuk memenuhi kebutuhan
– kebutuhan spesifik anak dan menghormati keragaman budaya anak. Pembelajaran
area bertujuan menciptakan suasana pembelajaran yang membangunsuatu landasan
bagi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk menghadapi
tantangan baik di masa kini maupun yang akan datang, serta didasarkan pada
keyakinan bahwa anak-anak tumbuh dengan baik jika mereka dilibatkan secara
alami dalam proses belajar dan mendorong anak untuk bereksplorasi,
bereksperimen, mempelopori dan menciptakan.
Ada 10 (sepuluh) macam
dalam Pembelajaran Area , yaitu Area Agama, Area Balok, Area Bahasa, Area Seni,
Area Pasir/air, Area Drama, Area Musik, Area Berhitung, Area IPA, dan Area Membaca
dan Menulis. Setiap area disediakan alat-alat dan bahan yang akan digunakan untuk
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai nama areanya.
Pada Area Pasir/Air
seyogyanya disediakan alat-alat dan
bahan berupa: bak pasir/bak air, aquarium kecil, ember kecil, gayung, garpu,
botol-botol plastik, tabung air, cangkir plastik, literan air, corong, sekop
kecil, saringan, serokan, cetakan-cetakan pasir/cetakan agar-agar berbagai
bentuk, penyiram tanaman dan sebagainya. Dengan alat yang lengkap diharapkan
anak lebih leluasa bereksperimen dan berekspresi, sehingga anak lebih senang,
gembira dan berminat mengikuti kegiatan.
Area Pasir/Air dapat
dilaksanakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Guru bisa memindahkan
alat-alat di luar ruangan agar suasananya lebih alami dan anak lebih leluasa
bereksperimen dan mencipta. Biasanya di luar kelas atau halaman ada bak pasir
yang ukurannya lebih besar yang memungkinkan anak lebih bebas bermain. Ruangan
kelas juga tidak menjadi becek dan kotor.
Area pasir/air bisa
digunakan untuk beberapa indikator yang harus dicapai anak. Misalnya indikator Kognitif, kegiatannya
bisa mengisi air dalam botol dengan menggunakan takaran. Fisik Motorik Halus
kegiatannya bisa mencetak macam-macam kue dengan pasir basah. Kognitif
kegiatannya bisa memancing ikan dengan kail magnit, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar