Sabtu, 14 April 2012

Prinsip-prinsip dan Asas-asas Pembelajaran di TK

          Pendidikan untuk anak usia dini memang berbeda dengan pendidikan pada jenjang sekolah yang lain. Anak usia dini itu sangat unik dan bukan orang dewasa yang kecil. Maka untuk itu ada beberapa prinsip-prinsip pembelajaran yang harus diperhatikan supaya anak dapat berkembang dengan optimal sesuai usianya khususnya untuk pendidikan di TK.
          Ada 10 prinsip pembelajaran yang harus dipahami para pendidik untuk melaksanakan pembelajaran di TK, yaitu :
  1. Bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.
  2. Pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan anak.
  3. Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan anak, baik fisik maupun psikologis secara optimal.
  4. Pembelajaran terpusat pada anak yakni anak diberi kesempatan menentukan pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan atau mengalami sendiri, Guru sebagai pembimbing dan fasilitator.
  5. Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik.
  6. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan. Guru hendaknya mampu menciptakan kegiatan yang menarik, yakni membangkitkan rasa ingin tahu anak dan memotivasi anak untuk aktif mencoba, berfikir kritis, dan kreatif, serta menjadikan suasana kelas menyenangkan.
  7. Mengembangkan kecakapan hidup, yakni kecakapan yang diperlukan anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti merawat diri, berpakaian sendiri, menolong diri sendiri, makan sendiri, dan lain-lain.
  8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif.
  9. Pembelajaran bermakna.
  10. Pembelajaran yang dinamis dan dialogis (demokratis) Menjadikan interaksi guru dengan anak dan anak dengan anak optimal.  
             Dengan melaksanakan prinsip-prinsip pembelajaran di atas diharapkan kegiatan belajar mengajar di TK akan efektif dan bermutu serta bermanfaat bagi anak didik. Anak datang ke TK dengan tidak merasa terbebani oleh rasa harus belajar dan menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi anak.

            Selain prinsip-prinsip tersebut di atas, ada hal penting lagi yang harus diperhatikan dan dipahami guru TK, yakni asas-asas pembelajaran di TK. Ada 8 asas dalam melaksanakan pembelajaran di TK, yakni :
  1.  Asas Apersepsi
  2. Asas Kekongkritan
  3. Asas Motivasi
  4. Asas Bekerja Sendiri
  5. Asa Kerja Sama
  6. Asas Individualisasi
  7. Asas Korelasi
  8. Asas Belajar Seumur Hidup 
             Dengan 8 asas pembelajaran tersebut di atas, diharapkan guru dapat membantu mengembangkan potensi anak didik secara efektif dengan hasil yang optimal. Perlu disadari bahwa mendidik anak usia dini bukanlah hal yang mudah. Untuk itu guru harus betul-betul memahami tindakan yang akan dilakukan dalam rangka melaksanakan pembelajaran di TK supaya mendapatkan hasil yang bermakna dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Add caption : Bermain di Area Balok

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar