Jumat, 13 April 2012

INSTRUMEN PENILAIAN GURU BERPRESTASI TAHUN 2011



INSTRUMEN
PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Oleh Kepala Sekolah / Pengawas Sekolah *)

IDENTITAS PESERTA

1. Nama (lengkap dengan gelar akademik)
:
YULIS SETYO WATI, S.Pd.
2. NIP / NIK
:
19720411 200801 2 004
3. NUPTK
:

4. Pangkat / Golongan
:
Penata Muda / III a
5. Jenis Kelamin
:
L / P *)
6. Tempat, Tgl Lahir
:
Banyuwangi, 11 April 1972
7. Pendidikan Terakhir
:
S1
8. Akta Mengajar
:
Memiliki / Tidak Memiliki *)
9. Sekolah Tempat Tugas
:

a. Nama
:
TK KEMALA BHAYANGKARI
b. Alamat Sekolah
:
Jl. Jendral Sudirman 19
c. Kecamatan
:
PURWOREJO
d. Kabupaten / Kota
:
PURWOREJO
e. Provinsi
:
JAWA TENGAH
f. No. Telp. Sekolah
:

g. Alamat E – mail
:

10. Mata Pelajaran / Guru Kelas SD *)
:
GURU KELAS TK
11. Beban Mengajar per Minggu
:
24 Jam / Minggu
* Coret yang tidak perlu


LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk
Berilah skor pada butir – butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
                1 = tidak baik
                2 = kurang baik
                3 = baik
                4 = sangat baik













PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO.
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN

1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1  2  3  4
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
1  2  3  4



II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A
Penguasaan materi pelajaran
1  2  3  4
3.
Menunjukkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1  2  3  4
4.
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
1  2  3  4
5.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1  2  3  4



B
Pendekatan / strategi pembelajaran

7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
1  2  3  4
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1  2  3  4
9.
Menguasai kelas
1  2  3  4
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1  2  3  4
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1  2  3  4
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1  2  3  4



C
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran

13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1  2  3  4
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1  2  3  4
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1  2  3  4



D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1  2  3  4
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1  2  3  4
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1  2  3  4



E
Penilaian proses dan hasil belajar

19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1  2  3  4
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1  2  3  4



F
Penggunaan bahasa

21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan lancar
1  2  3  4
22.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1  2  3  4



III
PENUTUP

23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1  2  3  4
24.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau
1  2  3  4








NO.
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
SKOR

kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan


Total skor (jumlah sesuai dengan angka yang dilingkari, skor terendah 24, skor tertinggi 96



Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan dengan kondisi guru berprestasi yang sebenarnya, dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.





Purworejo , 15 Mei 2011
Kepala Sekolah / Pengawas Sekolah *)





M U R I N I
                                                                                                                                NIP 030206140
PENILAIAN KERJA GURU

PENGAMATAN SEHARI – HARI

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, misal : orang muslim rajin menjalankan sholat, orang Kristiani rajin ke gereja, dll)
1  2  3  4
2.
Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal : melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal)
1  2  3  4
3
Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal : ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)
1  2  3  4
4
Kedisiplinan (kepatuhan contoh atau rujuan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal : menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian dll)
1  2  3  4
5
Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll)
1  2  3  4
6.
Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas)
1  2  3  4
7
Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui oleh pikirannya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas, menulis buku, membuat alat peraga pembelajaran, membuat karya seni, dan sebagainya)
1  2  3  4
8
Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal pendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)
1  2  3  4
9
Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal : dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)
1  2  3  4
10
Kemampuan bekerjasama
1  2  3  4
11
Keberhasilan melakukan pembimbingan siswa, misalnya untuk lomba olimpiade, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya
1  2  3  4

Skor total (jumlahkan angka yang dilingkari). Skor terendah 11, skor tertinggi 44
.................

SKOR =



Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi guru berprestasi yang sebenarnya, dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.


Purworejo, 15 Mei 2011
Kepala Sekolah / Pengawas Sekolah *)



M U R I N I
NIP 030206140

Tidak ada komentar:

Posting Komentar